Halaman Detail Berita

Sosialisasi Jaminan Kesehatan Semesta di 18 Titik
Selasa, 22 Agustus 2023    Berita

Bapel Jamkessos adalah UPT Dinas Kesehatan DIY yang bertugas dalam menyelenggarakan kegiatan di bidang jaminan kesehatan daerah bagi masyarakat DIY sebagai penyangga jaminan kesehatan nasional. Bagi warga miskin DIY yang belum memiliki jaminan kesehatan atau paket manfaat tidak dijamin oleh BPJS maka bisa mengakses jaminan kesehatan ke Bapel Jamkessos sesuai ketentuan yang berlaku.

Pada tahun 2023 ini Bapel Jamkessos mempunyai kegiatan yaitu Sosialisasi Jaminan Kesehatan Semesta yang rencananya akan dilakukan 18 kali di 18 wilayah DIY. Kegiatan Sosialisasi yang pertama telah dilakukan pada tanggal 8 Februari 2023 di dusun Bracan kalurahan Tirtomulyo Kapanewon Kretek kabupaten Bantul. Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat DIY yang membutuhkan jaminan kesehatan terpapar tata cara mengakses jaminan kesehatan baik jaminan kesehatan nasional ataupun melalui Bapel Jamkessos.

Masyarakat miskin tidak mampu yang belum memiliki jaminan kesehatan bisa mendaftar melalui kalurahan dengan membawa syarat Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang nantinya oleh pihak kalurahan akan dibuatkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan dibawa ke Dinas Sosial untuk didaftarkan sebagai peserta PBI JKN (Penerima Bantuan Iuran). Sedangkan untuk masyarakat miskin tidak mampu dalam keadaan sakit dan tidak mempunyai jaminan kesehatan bisa Dinas Sosial untuk dapat diverifikasi kemiskinannya apabila memenuhi syarat dapat diajukan jaminan kesehatan yang ada di Kabupaten/Kota atau ke Bapel Jamkessos.

Bagi warga yang mampu, dapat mendaftarkan sebagai peserta mandiri BPJS dengan membayarkan iur peserta Kelas I Rp. 150.000, kelas II Rp. 100.000 dan kelas III Rp. 42.000. Untuk iur peserta BPJS  kelas III mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp. 7.000 sehingga masyarakat hanya membayar Rp. 35.000 saja. Untuk alur pelayanannya sesuai prosedur rujukan bertahap melalui Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).



                  Alur Akses Jaminan ke Bapel jamkessos DIY

 

Bapel Jamkessos juga mempunyai program preventif seperti Jamkessus Terpadu, Homecare Disabilitas, Skrining Jantung Anak Sekolah dan Skrining TORCH. Jamkessus Terpadu adalah pelayanan kesehatan secara terpadu di satu tempat bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan Alat Bantu Kesehatan. Skrining TORCH adalah pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mencegah infeksi TORCH dan anak lahir dengan disabilitas. Homecare Disabilitas ini ditujukan kepada disabilitas yang membutuhkan perawatan secara homecare misalnya penderita decubitus yang diinisiasi dengan Skrining Homecare Disabilitas. Program preventif yang ada di Bapel Jamkessos bisa dimanfaatkan oleh warga DIY yang membutuhkan dengan mengajukan kepada Bapel Jamkessos sesuai persyaratan yang diperlukan.

Pemerintah DIY bersama dengan Kabupaten/Kota menyiapkan berbagai skeman Jaminan Kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan pembiayaan untuk pelayanan kesehatan.

 

   Sosialisasi Jaminan Kesehetan Semesta di Balai Desa Gading, Playen, Gunungkidul tgl 21 feb 2023

 


Dokumen : Download 1 Download 2

Sumber: Bapel Jamkessos DIY

Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkessos) Daerah Istimewa Yogyakarta  adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bertugas menyelenggarakan kegiatan jaminan kesehatan bagi masyarakat DIY

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari Ini118
Kemarin119
Bulan Ini2706
Total157550