Halaman Detail Berita

Bapel Jamkessos DIY luncurkan “ Gadis Manis” untuk Disabilitas
Rabu, 12 Oktober 2022    Berita

Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial Daearah Istimewa Yogyakarta melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat miskin/tidak mampu dan disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tanggal 7 Agustus 2022, Bapel Jamkesos DIY melakukan monitoring pelaksanaan Posbidu disabilitas di P3Y Kabupaten Bantul. Dari 44 orang anggota yang mengunakan kursi roda terdapat 17 orang menderita dekubitus (38%). Bapel jamkessos DIY mulai tahun 2015 sampai tahun 2022 telah memberikan alat bantu kursi roda untuk penyandang disabilitas sebanyak 1614 orang. Sehingga diasumsikan di Daerah Istimewa Yogyakarta kira kira ada 613 penyandang disabilitas menderita dekubitus. Untuk meningkatkan pelayanan bagi penyandang disabilitas yang menderita dekubitus di Daerah Istimewa Yogyakarta maka Bapel Jamkessos DIY pada tanggal 15 September 2022 mengadakan launching Kegiatan Pelayanan Homecare Disabilitas “ Gadis Manis” (Menjaga Disabilitas Bermasalah Kronis) , yang terintegrasi pada layanan terpadu “Jamkesus, homecare, TORCH dan Vaksinasi Covid 19 di Aula Pemda II Bantul.

Kegiatan pelayanan homecare disabilitas ini bertujuan untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendapatkan perawatan luka dekubitus. Luka dekubitus adalah adalah luka pada kulit dan jaringan dibawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit. Ulkus dekubitus beresiko terjadi pada orang yang karena kondisinya menyebabkan gerak tubuh terbatas. Penderita berbaring ditempat tidur terus menerus atau kursi roda dalam waktu yang lama sehingga sebagian tubuhnya terus menerus mengalami penekanan.Luka dekubitus bisa disembuhkan dengan mengurangi tekanan pada kulit, merawat luka , mencegah infeksi dan menjaga nutrisi dengan baik. Pelaksanaan homecare disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta di mulai di Puskesmas Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Diharapkan kegiatan ini akan diikuti oleh semua Puskesmas yang ada diwilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pelaksanaan homecare disabilitas ini harapkan mendapatkan dukungan dari berbagai stakeholder di Daerah Istimewa Yogyakarta ( Dinsa Kesehatan DIY, Dinas Sosial DIY, Dinas Kesehatan Kab/Kota , Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Puskesmas , IDI, PPNI, Panewu, Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas) dan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta . Ayo Suksekan Pelaksanaan Homecare Disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Dokumen : Download 1

Sumber: Bapel Jamkessos DIY

Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkessos) Daerah Istimewa Yogyakarta  adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bertugas menyelenggarakan kegiatan jaminan kesehatan bagi masyarakat DIY

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari Ini1
Kemarin1
Bulan Ini1466
Total122869