Halaman Detail Berita

Kunjungan Studi Banding dan Pembelajaran Langsung Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Khusus Disabilitas d
Rabu, 22 Juni 2022    Berita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam rangka mewujudkan pemenuhan hak alat bantu adaptif bagi penyandang disabilitas di Provinsi Bali, Perwakilan Pemerintah Provinsi Bali serta Gugus Tugas Alat Bantu Disabilitas Bali melakukan kunjungan studi banding kegiatan Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus) Terpadu Disabilitas.  Program ini merupakan kerjasama antara UCP Roda Untuk Kemanusiaan dan PUSPADI Bali dengan dukungan Inspira Foundation, yang akan mempromosikan dan mengadvokasi keberlanjutan penyediaan alat bantu dan teknologi alat bantu untuk Penyandang Disabilitas di Provinsi Bali.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 24-25 Mei 2022. Agenda pada hari pertama tanggal 24 Mei 2022 dimulai pada pukul 16.00 bertempat di Aula Kantor Bapel Jamkessos DIY membahas mengenai pengenalan program, tujuan program dan pemaparan gambaran pelaksanaan kegiatan Jamkesus Terpadu Disabilitas secara umum baik sebelum pandemi maupun pada saat pandemi. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Dinas Kesehatan DIY, Dinas Sosial DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Sasaran Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Yogyakarta, Komite Disabilitas DIY, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DIY, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) DIY, Komisi Nasional Disabilitas RI, RS Mata Dr. YAP dan Audiotone.

Pada tanggal 25 Mei 2022, rombongan mengikuti studi banding pelaksanaan jamkesus terpadu disabilitas di Aula Pemda 2, Kompleks Perkantoran Manding, Bantul. Pelaksanaan jamkesus terpadu disabilitas ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bantul bersama dengan Bapel Jamkessos DIY dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Acara dimulai pada pukul 09.00 dan dihadiri oleh 50 peserta dari Kabupaten Bantul, Kabupaten, Gunungkidul, Kabupaten Sleman. Kegiatan ini sebagai salah satu kesempatan untuk dapat melihat secara langsung praktek baik berkelanjutan pemenuhan hak alat bantu adaptif melalui program Jamkesus Disabilitas Provinsi DIY. Setelah mengikuti rangkaian acara tersebut diharapkan peserta gugus tugas alat bantu disabilitas Bali mendapatkan bahan bahan yang dibutuhkan dalam proses advokasi replikasi model praktek baik Jamkesus Disabilitas dalam pemenuhan hak alat bantu adaptif secara berkelanjutan di Provinsi Bali. 


Dokumen : Download 1 Download 2 Download 3

Sumber: Bapel Jamkessos DIY

Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkessos) Daerah Istimewa Yogyakarta  adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bertugas menyelenggarakan kegiatan jaminan kesehatan bagi masyarakat DIY

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari Ini70
Kemarin114
Bulan Ini2497
Total118671