Halaman Detail Berita

INDEKS LAYANAN VERIFIKASI KLAIM 2017 BAPEL JAMKESOS
Kamis, 06 Juli 2017    Berita

Kajian Index Layanan Verifkasi menggunakan 15 indikator yang disusun dengan acuan utama Peraturan Menpan Nomor 16 tahun 2014 tentang indeks layanan masyarakat. Indikator ditambahkan dengan beberapa indikator dari instrument kajian survey kepuasan Bapel Jamkesos. Menggunakan metode survey dan dilaksanakan di lokasi pelayanan kepada sejumlah 71 responden mitra pengguna layanan verifikasi. Pengambilan data dilakukan selama satu bulan dengan pengambilan sampel acak.

Dari hasil kajian survey memperlihatkan bahwa hampir seluruh indikator kepuasan mendapatkan nilai yang sangat baik dari pengguna layanan. Dari ke-15 indikator yang digunakan sebanyak 13 indikator memperoleh nilai hampir sempurna (>90%).

Kesimpulan dari gambaran secara keseluruhan menunjukkan bahwa indikator-indikator yang masuk dalam kelompok jenis layanan bagi mitra pelayanan mendapatkan nilai yang sangat baik. Terdapat dua indikator yang belum dapat mencapai nilai di atas 90% yaitu konsistensi waktu pembayaran dan ketersediaan maklumat pelayanan

Ketersediaan maklumat pelayanan merupakan hal yang diwajibkan kepada instansi Pemerintah khususnya yang melaksanakan pelayanan public secara langsung. Maklumat dimaksudkan sebagai pemberitahuan kepada masyarakat mengenai kesediaan penyedia layanan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Saat ini bahan cetakan maklumat telah dipersiapkan namun pada saat survey dilaksanakan tengah dilaksanakan renovasi gedung layanan sehingga belum dapat dipasang. 

Standar pembayaran atas klaim sebagaimana tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 30 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Penyelenggara Jamkesos, adalah 15 hari setelah klaim selesai dilakukan verifikasi. Namun berdasarkan hasil survey, responden menyampaikan bahwa target tersebut belum sepenuhnya dapat dicapai.

Pembayaran klaim merupakan unsur mutlak bagi sebuah rumah sakit untuk dapat menyelenggarakan pelayanan khususnya bagi rumah sakit swasta mitra kerja Bapel Jamkesos. Tuntutan pembayaran klaim yang lebih cepat telah dilakukan perbaikan bertahap dengan melakukan perbaikan dalam manajemen verifikasi yang telah menunjukkan perbaikan sangat baik dari rata-rata 6 bulan verifikasi menjadi rata-rata 25 hari. Perbaikan yang menjadi pekerjaan rumah Bapel Jamkesos pada tahap selanjutnya adalah dalam manajemen pembayaran klaim.

Tim Jamkesos (gs)


Dokumen :

Sumber: JAMKESOS (gs)

Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkesos)  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  adalah Unit Pelaksana  Teknis  Dinas Kesehatan  Daerah  Istimewa Yogyakarta  (DIY)  yang  bertugas menyelenggarakan kegiatan jaminan kesehatan bagi  masyarakat  DIY.

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari Ini19
Kemarin58
Bulan Ini692
Total10626