Halaman Detail Berita

Finalisasi Perbaikan Regulasi Layanan Jamkesus
Kamis, 06 Juli 2017    Berita

Komitmen Pemda DIY dalam program pelayanan bagi penyandang disabilitas telah diperkuat dengan terbitnya Perda 4 tahun 2012 tentang Perlindungan dan pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Regulasi tersebut selanjutnya telah dikembangkan dalam ketentuan-ketentuan turunannya yaitu Pergub 51 tahun 2013 tentang Sistem Jaminan Kesehatan Khusus, Pergub nomor 83 tahun 2014 tentang Alat Bantu dan Pergub 48 tahun 2013 tentang Tatacara Pembayaran Jaminan.

Perkembangan kebijakan terbaru di tahun 2014 - 2016 telah mengubah struktur roadmaping sistem jaminan di DIY yang menempatkan Sistem Jaminan Kesehatan Semesta sebagai acuan induk dari berbagai penyelenggaraan jaminan di DIY. Pengembangan dalam sistem Jamkesta telah mengalami perubahan besar yang selanjutnya telah ditetapkan dalam peraturan baru yang ditetapkan yaitu Pergub 63 tahun 2016 tentang Sistem Jamkesta. Perubahan besar tersebut juga berkaitan dengan penyelenggaraan Sistem Jamkesus.

Perkembangan yang berlangsung dengan cepat tersebut untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan perancangan perubahan dalam berbagai ketentuan dalam regulasi kebijakan penyelenggaraan jaminan kesehatan bagi penyandang disabilitas di DIY. Di sisi lain telah terjadi tuntutan atas perbaikan-perbaikan dalam penyelenggaraan pelayanan yang dirasakan perlu untuk ditetapkan perubahannya dalam regulasi. 

Berdasarkan perkembangan tersebut, Pemda DIY telah melakukan perubahan terhadap

1. Peraturan Gubernur nomor 51 tahun 2013 tentang Sistem Jamkesus Disabilitas 

2. Peraturan Gubernur nomor 83 tahun 2014 tentang Alat Bantu bagi Peserta Jamkesus 

3. Peraturan Gubernur nomor 48 tahun 2013 tentang Tatacara Bayar Jaminan 

4. Peraturan Gubernur nomor 14 tahun 2014 tentang Analisis Kebutuhan Penyandang Disabilitas 

Perubahan dilaksanakan secara maraton dimulai Bulan Oktober 2016 dan telah menghasilkan draft akhir pada Bulan Juni 2017. direncanakan dalam waktu dekat ketentuan regulasi tersebut telah dapat diimplementasikan untuk dapat memperbaiki pelayanan keapda masyarakat Penyandang Disabilitas di DIY.


Dokumen :

Sumber: Jamkesos (gs, Yl)

Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkesos)  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  adalah Unit Pelaksana  Teknis  Dinas Kesehatan  Daerah  Istimewa Yogyakarta  (DIY)  yang  bertugas menyelenggarakan kegiatan jaminan kesehatan bagi  masyarakat  DIY.

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari Ini41
Kemarin41
Bulan Ini498
Total17539