Halaman Detail Berita

AKSES BAPEL JAMKESOS DIY BULAN JANUARI 2020
Sabtu, 14 Maret 2020    Berita

Memasuki bulan pertama tahun 2020 jumlah akses Jaminan Penyangga di Bapel Jamkesos mencapai 955. Secara year to year angka tersebut menunjukkan penurunan 48% dari bulan januari tahun 2019 (1854 pasien). Angka tersebut menunjukkan konsisten dengan penurunan dalam 3 tahun terakhir sebagai dampak keberhasilan perbaikan data dan efektifitas dari PBI-JKN APBD selama ini.

Akses terbanyak di bulan Januari terlihat dari wilayah Kota Yogyakarta. Wilayah ini memiliki karakter tersendiri karena seluruh akses berasal dari kelompok penghuni panti yang banyak ditemukan di wilayah ini. Seperti diketahui bahwa penghuni panti merupakan salah satu sasaran dari jaminan penyangga oleh Jamkesos. Keempat kebupaten lain terlihat menunjukkan besaran kunjungan yang relatif tidak berbeda jauh seperti sebelumnya.

Kabupaten Bantul yang selama inimemiliki tingkat akses tertinggi jauh meninggalkan yang lain nampaknya mulai mengalami perubahan paska kolaborasi dalam pembiayaan jaminan penyangga seperti yang telah dilakukan pula dengan Kabupaten Sleman. Sementara untuk Gunungkidul akses terlihat lebih meningkat yang dimungkinkan sebagai efek non aktif PBI JKN dan efek dari kenaikan premi.

Seluruh kabupaten terpengaruh oleh perkembangan kenaikan premi dalam hal penyediaan anggaran untuk PBI JKN bersumber APBD. Namun masih tetap mengupayakan secara maksimal sehingga tidak terjadi lonjakan kenaikan secara signifikan dalam akses Jaminan penyangga. Meskipun demikian tetap menjadi catatan kewaspadaan bahwa kemungkinan kenaikan akan dapat terjadi dengan meningkat secara linear di sepanjang tahun 2020.

Tabel berikut ini adalah data akses pasien pada bulan januari 2020

Capaian layanan penjaminan menunjukkan konsistensi yang tetap baik di awal tahun 2020. Hal ini terlihat dari 99,5% pengajuan yang dapat diproses. Sebanyak 5 pengajuan dinyatakan pending atau batal. Hal ini mengindikasikan bahwa kerjasma dalam proses penjaminan dari tingkat desa, kabupaten, berbagai lembaga rekom yang ditunjuk dan Bapel Jamkesos dapat berjalan baik. Indikasi tingginya capaian proses pengajuan berdampak kepada pendamping pasien yang tidak perlu berkali-kali hadir untuk perbaikan pengajuan.

By,AS

 


Dokumen : Download 1 Download 2

Sumber: DATA MATA SUPER