Halaman Detail Berita

Posbindu Disabilitas Moyudan Kabupaten Sleman
Kamis, 06 Juli 2017    Berita

Posbindu Disabilitas merupakan salah satu program jaminan kesehatan preventif yang dimiliki oleh Bapel Jamkesos. Program ini didasari atas komitmen memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna bagi penyandang disabilitas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tanpa terkecuali. Program yang dikembangkan merupakan satu kesatuan dari program induk yaitu Jaminan kesehatan Khusus bagi Penyandang Disabilitas. 

 

 

Pada hari Jumat tanggal 9 Juni 2017, Bapel Jamkesos mendapat kesempatan untuk dapat hadir pada pertemuan rutin Posbindu Disabilitas yang diadakan di Dusun Kruwet Moyudan Sleman. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 30 orang yang terdiri dari penyandang disabilitas atau keluarganya, PPDI wilayah Moyudan dan pengurus kelompok. Dalam kesempatan tersebut Bapel Jamkesos memberikan pengarahan tentang jaminan khusus bagi penyandang disabilitas, dari akses pelayanannya, manfaat yang diperoleh, kemudahan yang diberikan, hingga pengarahan tentang Posbindu itu sendiri.

Diskusi berjalan sangat baik, warga yang hadir sangat antusias memberikan pertanyaan tentang hal yang ingin dan belum mereka ketahui tentang Posbindu Disabilitas. Pengarahan dari Bapel Jamkesos tersebut memberikan semangat bagi anggota yang hadir, bahwa dengan adanya Posbindu Disabilitas ini, kemandirian mereka dan keaktifan mereka serta komitmen untuk hadir akan mendapat dukungan penuh dari Bapel Jamkesos, yaitu dengan hadirnya Dokter setiap 3 bulan sekali. Dokter disini akan melakukan pemeriksaan kepada penyandang disabilitas dan keluarganya, jika didapatkan adanya kondisi yang memerlukan penanganan lanjutan maka dokter akan memberikan rujukan untuk mendapat akses pelayanan kesehatan ke tingkat yang lebih tinggi.

Prinsip Posbindu Disabilitas sendiri ada tiga yaitu, yang pertama adalah keanggotaan yang berjumlah minimal 20 orang penyandang disabilitas ataupun keluarganya. Kedua, kemandirian dan berkesinambungan. Para anggota Posbindu Disabilitas diharapkan dapat memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan pencegahan terhadap penyakit, sehingga pertemuan rutin diharapkan dapat dilaksanakan setiap bulannya. Yang ketiga, adanya pencatatan perkembangan yang baik dari kesehatan anggotanya.


Dokumen :

Sumber: Jamkesos (Ptr,Yl, gs)

Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkesos)  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  adalah Unit Pelaksana  Teknis  Dinas Kesehatan  Daerah  Istimewa Yogyakarta  (DIY)  yang  bertugas menyelenggarakan kegiatan jaminan kesehatan bagi  masyarakat  DIY.

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari Ini6
Kemarin26
Bulan Ini586
Total5977